Bahaya Sinar Biru Smartphone

31 Mar

Jaman semakin canggih dan berkembang, banyak produk produk beteknologi tinggi yang dapat mudah di gunakan dan di beli oleh masyakarat, salah satunya adalah smartphone. Di balik teknologi yang semakin maju pasti ada dampak positif dan dampak negatipnya, dan yang akan kami jelaskan pada artikel kali ini, yaitu Bahaya Sinar Biru Smartphone Terhadap Kesehatan Mata manusia.

Smartphone adalah gadget yang sangat digemari oleh orang orang, sebab di dalamnya mengandung banyak aplikasi dan media sosial yang sangat asik, boleh boleh saja menggunakan smartphone tapi anda harus sebijak mungkin menggunakannya, sebab bila berlebihan dan terkalu dekat ke mata bisa menyebabkan masalah pada mata. Sebab sinar biru pada smartphone mengandung radiasi.

Menyebabkan Kerusakan Retina

Terpapar langsuing sinar biru secara terus menuerus akan menyebabkan retina rusak. “Kerusakan disebabkan oleh sinar biru dapat menyebabkan degenerasi makula, ini menyebabkan hilangnya penglihatan sentral (kemampuan untuk melihat apa yang ada di hadapan anda)”. Itulah yang di katakan American Macular Degeneration Foundation.

Tapi di catat paling banyak penelitian yang menunjukan efek ini berkenaan dengan cahaya biru yang di pancarkan sangat dekat dengan retina mata.

Mengganggu dan merusak Siklus Tidur Alami

acemaxsamazing.com ,- Melatonin yaitu hormon yang membantu mengatur siklus tidur, dapat terganggu oleh sinar biru smartphone. Otak seseorang mulai memproduksi hormon ini ketika ia siap tidur, dan sinar biru smartphone dapat mengganggu proses produksi. Akibat smartphone seseorang menjadi kurang tidur, sehingga bisa menyebabkan insomnia. Ketika siklus tidur anda terganggu kesehatan keseluruhan tubuh anda juga menjadi ternggu.

bahaya sinar biru smartphoneMeningkatkan resiko Depresi

Orang orang yang melatoninnya di tekan dan jam tubuhnya kacau akan rentan terhadap depresi.

Meningkatkan Resiko kanker lebih tinggi

Seseorang yang melatininnya ditekan akan menyebabkan orang itu menjadi tidak sehat. Sehinga orang tersebut akan rentan sekali terkena penyakit-penyakit berbahaya lainnya, salah satunya adalah penyakit kanker.

Meningkatkan resiko terkena Katarak

Serang dokter mata mulai melihat orang-orang yang usinya 35thn sudah menderita katarak, seperti layaknya orang yang usianya 75thn, dikutip dari GigaOM. Meskipun pernyataan itu belum cukup membuktikan bahwa sinar biru menyebabkan katarak tapi anda harus tetap hati hati.

Smartphone memang hampir tidak bisa di lepaskan dari keseharia, pagi, siang, dan malampun terkadang tangan kita sulit untuk melepaskan gadget ini. Kami tekankan anda untuk lebih bijak dalam mengoprasikan smartphone, jangan terlalu lama fokus sama smartphone, jangan melihat dengan terlalu dekat, beri mata istirahat atau jeda ketika mata mulai lelai melihat smartphone. Tips yang terakhir jangan sampai melukapakan kegiatan olahraga dan makan dan minuman yang sehat, perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *