Jenis Jerawat Berdasarkan Bentuknya

22 Apr

Jerawat merupakan permasalah kulit yang memang tidak berhaya, tapi tetap saja sangat meangganggu, terutama mengganggu penampilan anda. Jenis Jerawat Berdasarkan Bentuknya perlu anda ketahui, karena jerawat selalu menghantui kita.

Jerawat adalah peradangan yang terjadi pada kulit, umumnya disebabkan oleh pori pori tersumbat oleh kotoran, lalu minyak keringat yang seharusnya keluar dari pori-pori malah tersumbat dan terinfeksi, sehingga menyebabkan pembengkakan. Berikut ini adalah jenis-jenis jerawat :

Whiteheadsjenis jerawat

Whiteheads atau komedo terbentuk karena pori pori tersumbat tapi tidak meradang. Whiteheads letaknya di bawah permukaan kulit, biasanya tersumbat oleh lemak ataupun kotoran. Jenis jerawat ini adalah jenis yang cukup sulit untuk di hilangkan

Blackheads

Blackheads atau dalam bahasa indonesianya komedo hitam adalah komedo yang berada di luar dan terjadi. Penyebabnya sama seperti whiteheads tapi yang membedakan jerawat jenis ini terbuka dan tekena udara, biasanya jerawat ini berwarna hitam, ini disebabkan oksidasi minyak dan keratin.

Sebaceous Filaments

Sebaceous Filaments memang tidak ada kaitannya dengan jerawat, tapi banyak mengira ini adalah jerawat, sebab bisa terjadi pada wajah, terutama pada hidung.

Sebenarnya Sebaceous Filaments itu hanya kelenjar biasa yang terdapat pada kulit. Memang tidak bisa di hilangkan, tapi anda bisa membersihkannya secara teratur.

Papules

Merupakan jenis jerawat yang sama disebabkan oleh penyumbatan pori-pori, tapi sumbatan tersebut mengalami peradangan.Ini disebabkan karena whiteheads ataupun blackheads mengalmi iritasi. Cirinya dapat di lihat, yaitu membengkak, berawar merah, dan bila di sentuh terasa sakit.

Pustula

Merupakan jerawat yang bentunya seperti kubah, meradang, keras, dan berisi penu nanah. Biasanya di tengahnya berwarna putih ataupun kuning dan sepertisiap meletus. Menurun penelitan jerawat ini disebabkan karena hormon yang bila di daimkan akan menyebabkan infeksi, yang bekasnya membut parut di wajah.

Nodul dan Kista

Jenis jerawat ini sudah termasuk ke dalam kategori jerawat yang parah. Butuh waktu yang lama untuk menghilangkan jerawat jenis ini. Jerawat ini disebabkan karena kebocoran cairan dalam kulit. Imunitas tubuh merespon kebocoran tersbut, sehingga timbul peradangan.

Itulah jenis jerawat yang umum diderita oleh orang-orang, untuk terhindar dari jerawat adalah dengan selalu menjaga dan merawat kebersihan terutama kulit. Mandilah dan cuci wajah anda, minimal 1x sehari. Jangan terlalu sering juga menggunakan produk pembersih wajah, sebab bisa mengurangi minyak alami wajah.

Baca juga : green world amazing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *