Pentingnya Sarapan Pagi Untuk Tubuh

20 Mar

Makan pada pagi hari atau di sebut juga dengan istilah sarapan pagi adalah aktifitas sehari-hari, tapi banyak juga orang yang sering mengabaikannya karena beberapa alasan, ada yang malas ada yang takut kesiangan ke kantor dll. Tapi tahukan anda Pentingnya Sarapan Pagi Untuk Tubuh , bahkan sebenarnya sarapan pagi bukanlah kegiatan sehari hari lagi, karena sarapan pagi sebenarnya adalah kebutuhan.

Pentingnya sarapan pagi untuk tubuh memang tidak ternilai harganya. Berikut ini adalah manfaat sarapan pagi bagi tubuh anda.

sarapan pagiSarapan Dapat mencegah atau mengurangi Resiko terkena penyakit Kronis

Penelitian di lakukan di Universitas Harvard, dan yang melibatkan lebih dari 2800 orang, menunjukan bahwa mereka yang rutin makan pagi memiliki resiko terkena diabetes 50% lebih rendah dari mereka yang melewatkan makan pagi. Selain itu sarapan pagi juga dapat mencegah penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi lainnya seperti jantung dan stroke.

Sarapan setelah bangun tidur dapat membantu menstabilakan gula darah, sebab sebelumnya anda tidak makan selama kurang lebih 12 jam, oleh sebab itu gula darah menurun hingga saat anda terbangun dan sarapan pagi. Jika anda tidak melaksanakan sarapan anda pastinya akan makan siang dengan porsi besar, maka gula darah dalam tubuh bisa melonjak naik secara tiba tiba. Jika kondisi melonjaknya gula darah semacam itu terjadi secara terus menerus, maka akan menyebabkan resistensi insulin, dan kemudian timbulkan penyakit kronis seperti diabetes.

Sarapan Pagi Dapat Menurunkan Berat Badan

Mungkin sebagian orang merasa ganjil dengan pernyataan di atas, tapi pernyataan di atas memang benar adanya. Sarapan pagi terbukti membandu program penurun berat badan. Beberapa penelitian di lakukan menyebutkan orang oran yang melewatkan sarapan pagi cenderung mudah bertambah berat badannyaanya. Penelitian terakhir dilakukan di london menjunjukan bahwa hal ini berkaitan dengan pola aktivitas di dalam otak. Dalam penelitian tersebut didapatkan bahwa orang yang sering tidak sarapan pagi cenderung makan siang lebih banyak dari pada orang yang melakukan sarapan. Ini sebenarnya logis mengingat orang yang tidak sarapan jauh lebih lapar dari pada yang sarapan pagi.

Yang mengejutkan adalah orang yang tidak sarapan pagi memilih makan siang yang mengguhah selera, yaitu makanan yang memiliki kadar kalori dan lemak yang sangat tinggi. Ini merupakan pola aktivitas di dalam otak, dimana rasa lapar dan ketertarikan terhadap makanan berkalori tinggi bekerjasama dan mendorong seseorang untuk makan lebih banyak. Porsi makan siang pada merekana yang sebelumnya yang sudah makan pagi.

Mengatur Pola dan jenis asupan makanan tetap penting

Untuk sarapan pagi anda juga harus memilih makanan yang cocok dan tepat. Kandungan gula di dalam menu sarapan sering kali bertolak belakang dengan pola makan sehat, misalnya serelah, donat, roti dengan coklat tabur dll. Sebaiknya hindari maknan yang mengandung gula rafinasi, pilihakn menu seperti telur, susu, buah-buahan dan biji bijian. Jenis makanan ini memberikan energi hingga waktu makan siang, bahkan lebih lama lama lagi dan tentunya anda tiak akan merasa sangat lapar pada saat makan siang.

Contoh makanan yang baik untuk sarapan adalah terlur. Tidak seperti anggapan bahwa terlur tingkatkan kolesterol darah, sebutir telur dapat meningkatkan kolesterol darah, sebutir atau 2 butir telur sehari justru baik untuk tubuh. Yaitu menyediakan vitamin, protein dan minrengal, mengandung sekitar 70 kalori pada setiap butirnya. Telur mudah dan tentunya cepat untuk di masak. Contoh makanan lainnya dalah oatmeal atau bubur gandum. Makanan ini mungkin bukan menur pada umunya di Indonesia, tapi kini anda bisa dapatkan dengan mudah di pasar swalayan atau supermarket. Tidak hanya terkanal rendang kolesterol tetapi oatmeal juga di akudi dapat mencegah diabetes tipe 2 dan sakit jantung.

Mulai sekarang jangans sepelekan sarapan pagi yah ? karena sarapan pagi itu sangat penting sekali untuk kesehatan. Sekian dulu dari admin acemaxsamazing.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *